Mengapa Hidroponik? Ini Dia Jawabannya!

Siapa bilang hidroponik membahayakan lingkungan dan seisinya?
Berikut ini mekanisme hidroponik dapat berjalan:
  1. Tanpa Tanah, bertanam tanpa tanah berarti mencegah kontaminasi yang bersumber dari tanah karena tanaman tidak bersentuhan dengan tanah sama sekali selama proes produksi mulai pembibitan/ penyemaian hingga panen. Penularan maupun serangan hama dan penyakit yang berasal dari tanah pun dapat dicegah.
  2. Hemat Air, kebutuhan air tanaman hidroponik lebih sedikit karena pekebun atau pehobi dapat mengatur dengan tepat jadwal penambahan air.
  3. Tanpa Pestisida, tidak ada aplikasi pestisida ata insektisida pada permukaan tanaman terutama tanaman sayuran daun yang cepat panen.
  4. Bebas Gangguna Gulma, gulma yang kerap mengganggu larutan mengambil nutrisi yang seharusnya bisa diserap tanaman tidak muncul karena peluang benih gulma terbawa ke media tanam relatif kecil.
  5. Nutrisi Tepat Sasaran, larutan yang dialirkan dengan sistem hidroponik mudah dikontrol jumlahnya dan tepat diserap tanaman karena tidak terbuang percuma atau diserap tanaman lain.
  6. Hemat Lahan dan Tenaga Kerja, dapat diusahakan di lahan yang sempit dengan bantuan sarana penunjang. Dengan instalasi yang dapat dipakai berulang, pekerja tidak perlu mengolah tanah seperti yang dilakukan pekebun konvensional. Proses pemeliharaan tanaman pun tidak membutuhkan banyak tenaga.
Nutrisi yang sudah diukur dengan aplikai khusus/ software nutrisi dapat didapatkan dengan membuka link berikut ini:

Media tanam penunjang kebutuhan tanaman hidroponik, silahkan buka halaman berikut:





Sumber Informasi:
- Trubus Edisi 535
- My Trubus
- Bertanam Sayuran Hidroponik Ala Paktani Hydrofarm
Share on Google Plus

About admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar