Perlengkapan Hidroponik Sistem NFT dengan Green House

Nutrisi yang mengalir pada sistem NFT mengarah ke sisi yang lebih rendah. Dalam perjalanan, nutrisi diserap akar tanaman yang menjuntai ke bawah hingga ke dasar permukaan talang.

 

Peralatan yang dibutuhkan untukmembuat instalasi Hidroponik NFT dengan Greenhouse antara lain:
  1. Perlengkapan untuk membangun rumah tanam (green house): plastik UV, screen/ insect net, dan baja ringan.
  2. Talang Air
  3. Sterofoam
  4. Pompa Air
  5. Rockwool
  6. Pipa Polivinil Klorida
  7. Tangki Penampung Larutan
  8. Airstone (pilihan)

Komoditas yang sering ditanam dalam instalasi NFT: Caisim, Selada, Pakcoi, Bayam, Kangkung, dan tanaman sayuran daun lainnya.

Keunggulan memakai/ membuatkan green house yakni meminimalisir serangan hama dan penyakit. Selain itu, melindungi tanaman dari intensitas hujan yang berlebihan. Teknik NFT memudahkan pengendalian pertumbuhan akar tanaman. Kebutuhan air terpenuhi dengan baik, keseragaman nutrisi dan tingkat konsentrasi larutan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman dapat disesuaikan dengan umur dan jenis tanaman, serta tanaman dapat diusahakan beberapa kali dengan periode tanam yang pendek.

Kekurangan memakai/ membuatkan green house yakni investasi dan biaya perawatan yang mahal, sangat tergantung listrik, penularan penyakit ke tanaman lain sangat cepat, pengamatan hama dan penyakit harus dilakukan secara intensif terutama ketika musim hujan.

Sumber Informasi:
- Trubus Edisi 535
- My Trubus

- Bertanam Sayuran Hidroponik Ala Paktani Hydrofarm
Share on Google Plus

About admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar